Oleh: adinsr | April 8, 2015

Tips pemasangan Seal Waterpump (Mechanical seal Waterpump)

Seal w pump

Melanjutkan tulisan mengenai NSR overheat di web ALFA14, saat ini kami buatkan tips pemasangan seal waterpump untuk mesin ber radiator.

Sebagai salah satu penyebab berkurangnya air radiator di mesin berpendingin air, seal waterpump merupakan komponen yang sangat krusial dan merupakan 3 besar penyebab utama masalah suhu mesin yang meninggi (kami contohkan disini mesin NSR karena kami memiliki data motor yang masuk ke bengkel ALFA14 merupakan termasuk yang terbanyak terjadi kasus kerusakan seal waterpump)

Dari data kami sebanyak 80% motor yang masuk ke bengkel ALFA14 dengan keluhan overheat ternyata terdapat kesalahan pemasangan seal waterpump, padahal baru kurang dari sebulan ganti di bengkel lain.

Berikut tips pemasangan untuk menghindari kejadian serupa :

  1. Pada seal waterpump (Mechanical seal waterpump) ada beberapa bagian yang tidak boleh terluka (gores ) karena bagian tersebut adalah bagian sekat dari seal yang mencegah lolosnya air (lihat pada gambar)
  2. Dikarenakan umur NSR sudah cukup tua(paling muda adalah 15 Tahun) dipastikan permukaan dudukan sealnya banyak yang sudah abrasi, maka disarankan memberikan lem sealer seperti Threebond pada beberapa area dudukannya (lihat pada gambar)
  3. Pemasangan seal disarankan tidak dipukul2, melainkan dipress dengan mesin press agar posisi seal benar2 rata saat nanti berhadapan dengan bidang gesek lawannya.
  4. Bagian yang ditekan oleh mesin press adalah bagian yang terbuat dari bahan kaleng (lihat gambar)

SARAN :

Jika bengkel Anda belum berpengalaman melakukan pemasangan seal waterpump tetapi tetap ingin melakukan perbaikan seal ini, kami sarankan untuk mengirimkan cover engine sebelah kanan saja sebagai tempat dudukan seal ke bengkel spesialis yang sudah terbiasa memasang.

Setelah seal terpasang di cover mesin , baru Anda merakit ulang mesin motor Anda di bengkel yang Anda tunjuk di kota Anda.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: