Oleh: adinsr | Oktober 25, 2011

KIPROK SUBTITUSI UNTUK NSR

Didasari oleh seringnya pertanyaan Via SMS mengenai kiprok pengganti untuk NSR dari para penggunanya, untuk itu saya informasikan beberapa hal mengenai kiprok NSR.

Beberapa hal yang mendasari para pemilik NSR untuk berhati2 dalam hal kelistrikan adalah :

1 Mahalnya biaya perbaikan parts2 kelistrikan NSR seperti RC Valve (RC Control Chip),Motor servo & CDI.

2 Sensitifnya parts2 kelistrikan NSR terhadap kesehatan Accu & Kiprok

3 Susahnya mencari parts2 tersebut

4 Jarang ada bengkel yang mengerti tentang prinsip kerja parts2 ini.

Secara prinsip fungsi kiprok di NSR adalah sama dengan yang ada di motor2 lainnya, yaitu sebagai fungsi regulasi tegangan & penyearah arus yang dihasilkan oleh spull magnet.

Namun yang perlu dipahami adalah bahwa kiprok NSR menggunakan kiprok Fullwave atau sistem pengisian Fullwave , Baik itu fullwave single phase ataupun 3 phase. (lihat tabel mengenai type2 kiprok berdasarkan jenis NSR nya)

Semoga bermanfaat,

Adi Ramadia

 


Responses

  1. Thank’s Adi. Good luck alfa 14 racing

    tommy sby

    • Trims Tom..

  2. Mas,,bedanya Fullwave 1 phase dengan 3 phase apa?? trs gw skarng pake kiprok tiger yg Hrganya 45rbuan,,dulu ngetes doank..ada pengaruh ga ke pengapian CDI n Komputer??

    Makasih mas..

  3. 1 phase itu punya input dari spul terdiri dari 2 kabel, ini bisa di liat di spulnya NSR single R, kan inputnya 2 kabel tuh, liat yg warnanya kuning, nah kl 3 phase input dari spulnya 3 kabel, ini di RR,ASTRA sm SP
     
    Kl pernah ngetes pake kiprok selain Shindengen ato brand Original lainnya mungkin aman selama pemasangannya tepat, yg biasanya rusak itu setelah pemakaian beberapa bulan krn dayanya yg ga stabil setelah pemakaian kurun waktu tertentu, tp dl gw jg pernah servis RC valve yang rusak gara2 baru 2 hari pasang kiprok merek ga jelas sih, jd yah untung2an lah, pokoknya selama motor masih hidup & aman di geber2 di RPM tinggi serta sehat2 aja ya berarti CDI ga rusak,RC Valve pun begitu selama dia masih gerak ya sehat

  4. bang Adi@ gmn sih ciri2 klo kiprok udh lemah.
    Thank.

    • 1 pengisian ke aki gak bagus
      2 pengisian ke aki terlalu cepat,ciri2nya aki suka melendung atau hangus

  5. Guru, wak mau tanya soal regulator NSR SP. Bila lampu dinyalakan, saat langsam lampunya terang. Tapi bila di gas sampe rpm 4000, lampunya redup. Apa benar regulator bermasalah?

    • gak, normal kok itu, yg penting aki nya gak lemah kan?

  6. Bro Mw nanya niy..aki ori nsr sp kan 3,5 AH..kok lampu nsr gw cuma 25 X 2 50watt n ngk pake yg lain2,,tapi klo pas kondisi lampu nyala n klakson nyala jd kaya drop gitu yah.harus di geber biar stabil,padahal aki baru..padahal DC kan yah nsr sp..bro adi solusi klo anae tambah kiprox lg boleh kah di klistrikan nsr biar lebih stabil?? jadi ada 2 kiprok cos temen prnah ada yg coba…thx bro adi di tunggu pencerahaanya

    • Mohon nanya nya di hal tanya jawab aja ya Bro,

      bisa jadi spul 3 phase nya gak normal, mungkin ada 1 pole yang putus itu, ato magnetnya udh lemah, sebaiknya jangan pake double kiprok bro, bahaya buat kesehatan NSR nya, daripada double mending benerin spulnya, magnetnya ato kabel bodynya, krn std nya pengisian NSR itu udah mampu buat ngangkat lampu HID kalo dia memang normal ya

  7. Oche maaf bro sblm y di sini..
    oce atas pencerahaan y..

  8. Wah jarang ya yang jual kiprok CBR.

    • CBR sama dg Vixion, 3 phase, asal tau jalur2 kabelnya sih pasti bisa bro

  9. Bro mau tanya dunk , bingung neh ane…kejadian di motor begini neh, kira2 suhu ada ide gak kenapa?
    1. Motor di on, lampu netral nga nyala
    2. Kondisi kaya aki mati (kalo di gas lampu makin redup) -> berarti kabel gak ada yang putus
    3. Ganti aki baru juga gak ngaruh
    4. Cek aki voltase nya masih bagus
    5. Cek di soket aki (aki nya dicopot, kondisi motor langsam) ada listrik nya, berarti ada pengisian ke aki

    Kayanya kiprok nya rusak yach bro?

    thanks a lot yach 🙂

    • kiprok lo sehat wal afiat bro, cek sekering lo ato kabel merah dari positif aki munkin ada yg putus, ato bisa juga kabel hijau dari negatif aki itu putus

  10. bro mw tny nh,, rc valve sy klo mtr d’on ga bunyi ngik, klo mtr d’nyalain kapakny lgsg k’buka full tp klo d’gas kira” rpm 3rb dia blk k’tgh kr” yg rsk apany ya?

    • ga ada yg rusak salah stelan aja

      • blh bskn bro cr nytel’a.
        Mau tny lg nh soal k’lstrkn, knp y klo jln lmp nyala accu cpt drop, tp klo lmp ‘a dmatiin si accu ngisi lg tp agk lama, apa kiprok ato spull’y brmslh? Soal’a mau gnt kiprok, spull msh ragu”.
        Lmp 35, accu gs kering pny kharisma.
        Sblm’a trima ksh mas bro.

      • wah kl ini rada panjang jelasinnya mending dateng aja ke bengkel gw nanti gw ajarin bro

  11. Met Pagi, alfa 14 by Adinsr menurut penilaian ane merupakan blog bermutu – berguna dan sangat mencerahkan… Tkx bro Adinsr, dimana ngga cuma membantu pengadaan sparepart nsr yg cukup langka, tapi juga mengedukasi pengguna nsr untuk lebih hati2 terhadap perawatan nsr nya khususnya sistem sensor spt Rc valve, dsj karena harganya mahal dan mulai langka (guud.. bijak advis bro).

    Enaknya diulas dengan gaya tulisan yang pelan dan mengalir juga teratur menggunakan point : 1, 2, 3, 4, dst untuk memperjelas maksud tema tulisan (Periyguud bro).
    smoga blog ini terus berkembang artikel2 segarnya dan smoga semakin laris jualan sparepart/bengkelnya, aamiin.

    • ha ha mending bikin buku aja kali yah? he he, dulu masi sempet bikin2 tulisan, krn masi banyak waktu luang, kl sekarang udh ga sempet lagi sibuk sm kerjaan kantor, N kalo libur di sabtu-minggu sibuk sama buka bengkel

  12. Salam kenal om, mo nanya” neh.. gw ada NSR kelistrikannya dah matot.. curiga RC Valve, motor servo ma CDI nya kena juga..

    Pertanyaannya:
    1. mungkin engga klo smua kelistrikannya kena smua (rusak) akibat penggantian kiprok yg arus nya AC..
    2. Klo mu di benerin lagi kelistrikannya musti gimana dan kemana?
    3.Kira” biaya nya berapaan utk RC Valve, motor servo ma CDI?

    Mohon info dan masukannya ya om..
    Thx

    • 1 NSR type apa nih? kl single R pengapian AC CDI ga ada hub nya sama kiprok, tp kl ke komputer iya berhubungan dg kiprok, kl yg SP pengapian DC CDI, komputer itu nyambung ke kiprok, kl kiprok rusak ya dua barang itu rusak jg
      2 & 3 ini motor nsr apa dulu

  13. mas mau tanya,,saya cri kiprok nsr yg ori ada gak?aki saya cpt rusak maz..

    • ada seken 350rb pny nsr R

  14. nsr aku tok, enjin hidup, ada karen. tapi lampu semua tak nyala sikit pun. cdi punya hal ke?

    • waduh, ini apa artinya? sepertinya Anda orang malaysia yah? mungkin yang dimaksud ini : “NSR aku hidup, mesinnya hidup, ada listriknya, tapi lampu2 mati semua, apa ini masalah CDI?”

      CDI gak ada pengaruhnya ke kelistrikan NSR 150 R, kalo di NSR 150 SP atau RR memang berhubungan, kalo baterainya lemah,tapi biasanya justru lampu2 hidup namun redup, tapi mesin gak mau nyala krn suplai listrik ke cdi jadi kurang. nah kalo lampu2 mati total, coba cek aja soket2 ke kunci kontak, ke baterai, ke kiprok dan sekering(fuse) nya.

  15. numpang tny ni gan,,,,motof nsr ane klw d pk kiprok e panas bngt n kira2 jarak 500m mati tp d sela idp lg tp nnt mati lg…knp ya gan/////??????STRES NI MIKIRN NSR…………..

    • nsr type apa?R?RR?SP?

      • nsr r 150 bos,,,,mohon bantuan e gan,,,,,dh gt lmp netrl e idup e agak lm

      • nsr 150 R tanpa kiprok juga mesin bisa jalan bro, gak ada hub nya antara kiprok sm mesin, kl ke lampu netral iya baru ngaruh, ganti aja kiproknya, sepaket sekalian sm akinya kl bisa

  16. nte ad kiprok g gan n brp hrg e???????
    tp ko d pk sbentar2 mati gan,,,,,klw blh tau apa e ya????????????

    • nsr type apa ini?

  17. ane mo tny bro, nsr150r ane mati total. spul dah digulung, tp strum keluar dr cdi,tp masuk koil kok malah ilang strumnya? apa mungkin pulser atau cdi bermasalah? padahal koil dah q ganti br?

    • kemungkinan besar kabel bodynya, coba lepas soket kunci kontak terus nyalain lagi kl idup, berarti masalah di soket kunci kontaknya ato malah di kunci kontaknya aja

  18. saya mw tanya mas… saya punya NSR 125 Hornet yg versi dari Italy mas… skrang lgi di hidupkan kembali motor nya tpi dari koil, strumnya lompat mas… bentar ada bentar lagi hilang stroom nya mas.. bisa di bantu ngak mas?? saya juga lagi nyari kiprok bwt NSR saya tpi ngak ada mas… sampe skrang tuh motor lagi di akal akalin supaya bisa hidup lagi…… please saranya mas…

    • itu masalah di sistem kelistrikannya, sistem pengapian hornet itu AC mas, jadi paling deket pake spulnya NSR single R, cuma masalahnya pengisian dia 3 phase, jadi mesti pake kiprok nsr single R, saya pernah kok nerapin beberapa part NSR di hornet

      • Mas motor saya sdh nyala mesin nya… tpi pas di coba jalanya nyendat2 gtu mas…
        apa krna ganti cdi nya Satria 120ru jdi kaya naik kuda gtu yah mas??

        klo ganti spul sma kiprok nya NSR single R ngerubah kabel body yah mas??

      • sori saya salah, kiprok 3 phase itu punya SP ato RR,

        iya itu bisa krn pake CDI satria dia gak pas kurva nya, pake CDI NSR R aja.

        ganti spul sm kiprok NSR R sih ga pelu ganti kabel body, cukup modifikasi kecil aja

      • Plug and Play ngk mas ganti CDI NSR R itu?? harganya brp mas??

        Berarti… pake kiprox punya apa mas???

        modifikasi kabel bagian mana mas??

  19. mas klo kiprok dan mtr servo nsr r yang baru kisaran harganya brapa..??

    • kiprok baru sekitar 600rb an ori, servo baru ori sekitar 1,5 juta

  20. Salam kenal bro adinsr…
    Mau tanya dong..
    Motor saya NSR 95 suka tiba2 mati mesinnya baik lg idle maupun lg jalan
    gejalanya sudah dipastikan dr pengapian.
    saya cek strum dr CDI ada, tp pas d cek d COIL ilang..
    trus saya coba cabut kabel yg menuju koil (Hitam kuning) lalu saya pasang lagi trus motor mau idup lagi.
    kira2 itu kenapa ya?coilnya rusak atau apanya ya?

    Trims

    • kemungkinan ada kabel kejepit ato soket2 kendor, ato bisa juga jalur positif kelistrikan koslet ke massa

  21. mas bos,ane punya nsr 150r. cdi,koil,ma kabel body ga ori. bwt jalan jadi mbrebet gitu,yang perlu saya ganti apa mas bos. cdi yg pling pas cdi apa. terus klo cdi single r brp harganya yg seken. trima kasih

    • yg bikin brebet ya cdi itu, kabel body gak ori jg gpp asal memang buat nsr. cdi ninja paling pas buat nsr, tp perlu rubah sistem pengapian, cdi std nya 650rb an

  22. mas adi yg baik hati, saya bru dpt nsr 97,kondisi mtr cdi,koil udah ga ori. rc valve mati. to motor klo buat lari gas agak kenceng dikit kadang2 mesin mati sendiri tp hbs itu di nyalain mau lagi. sama ne motor pada posi2 gigi 6 nya tenaga ko malah loyo. ne kira2 apa penyakitnya mas adi. thnks ats pencerahanNya.

    • waduh yg jelas ini hrs d std in dulu tuh yg udh ketahuan gak ori nya, krn bs juga dr situ masalah utama nya

  23. mas bos,teman ane punya mtr ninja rr th 2011 bru beli tp wktu d bngkar cdi ternyata pke mga pro.masalahnya wktu mau d ganti cdi ori eh malah ga ada apinya to kira2 di apa mslhnya mas bos pdhl kabel body msih utuh.thnks

    • jalur kabel dr arah magnet dari kabel body sm kearah koil pasti udh d rubah, trus cek tonjolan magnetnya kemungkinan udh d rubah jg

  24. gan mtor ane nsr sp,pertama kjadianya pas keadaan jalan tiba2 mesin mbrebet di gas gak mau akirnya mati n lmpu netralnya jg mati,stelah di diamkn sesaat trus dikontak netralnya nyala n dihidupkan mau,tp dipakai jalan mbrebet lg n mati lg,busi jg sdah dganti ttp aj,akirnya ane cas kan accu nya n mau jln lg,tp stelah dipakai 3hr kumat lg,trus ane beli accu baru kjadianya ttp sma,pdahal soket2 smua sdah ane wd,apa bner kiproknya udah soak bos?gakmau ngisi ke accu nya..kelistrikan yg lain normal..apa suhu punya kiproknya??ane di jawa timur bos,ane sdah pm lewat no esia nya..trims..

    • yup dari ceritaannya sih itu berarti gaka da pengisian ke aki, nih part yang berhubungan dengan pengisian : spull-soket2-kiprok-soket2-kuncikontak-soket2-aki cek semua yang gw sebutin itu, kiprok kalo pusing nyari punya SP, pake aja vixion

  25. salam Om adi….
    saya ada NSR R, akinya kebetulan udah mulai K.O..(ga bisa nyimpen, 2 hari drop……) karena udah skitar 4 tahun ga pernah idup sama skali…

    nah skarang pake aki yang “agak K.O” itu (udah dicas full) kalo:
    1. dikontak lampu “on” ==> lampunya redup, netral mati
    2. dikontak lampu “off” ==> lampu mati, netral idup terang
    3. kalo idle, lampu “on” ==> lampu terang
    4. rpm 4000, lampu “on”==> lampu agak redup (digas juga, lampunya segitu2 aja)
    5. rpm 4000, lampu “off”==> netral dan lain2 tetep normal

    apakah itu gejala kiprok k.o? karena baca2 di atas kalo Sp katanya normal…
    kalo misal K.0 bisa pake tiger? karena ada yang bilang kalo kiprok nsr ada yng buat “jaga voltase” rc valve?
    kalupun bisa tiger apakah wiring sama?/ brubah?
    di known ada yg bilang pake thunder 125 apakah bisa juga?

    maaf banyak tanya…
    hehehehe

    • barusan cek voltase…
      kalo idle 9.3 volt… digeber diatas 4000 jadi 4,4volt…

      salam~

      • nah pasti gak ngisi akinya, volt nya rendah, bisa kiproknya rusak ato ada kabel body short

    • SORI BARU BISA JAWAB, KRN KERJAAN KANTOR LG BANYAK BGT, KL URGENT ke HP GW 0896-514-05-025

      ini jawabannya :
      sebaiknya ukur tegangan input ke aki pake avometer, geber2 gas sampe rpm tinggi tapi pastiin akinya udh d cass dan koneksinya bgs, trus pastiin voltnya ada di range 13-14 volt selama voltnya masi segitu aman,

      untuk kiprok : NSR R pake tiger, RR sampe SP pake vixion wiring berubah, lihat di gambar di blog ini kyknya jelas deh tinggal kasi ke mekanik pasti mereka paham

      Pake Thunder? coba tanya anak2 thunder, mereka sendiri mau ganti kiproknya dari ori thunder ke merek lain, kenapa? voltasenya info dari mereka kurang stabil

  26. salam om……saya baru beli nsr tahun 1996 ,kenapa ya jalan biasa gak apa2 tapi kl d geber lansung mati total di hidupkan susah minta ampun………..saya cek pengapiannya ok bensin ok tapi tetep gak mau hidup….kenapa ya om n gimana caranya….thank salam kenal……

    • biasanya bloknya baret ato ada air bocor ke ruang bakar

      • Misi om ane mau tanya,ane pny nsr 150r ane bru ganti aki pke aki ori honda beat tp sehari pke langsung drop,trs ane pindahin ke motor yg laen ngisi lgi tuh aki.
        Kira” apanya yg rusak tuh om?
        Trs kunci kontak ane ganti pke honda gl yg 4 kabel,apa ada pengaruh jg dri kunci kontak yg bkn bawaannya?
        Mohon pncerahannya om

      • Gak ngaruh dari kunci kontak, kemungkinan besar adalah pengisian battery nya terganggu mas, pengisi batterai itu dimulai dari spul, kabel2, konektor, kiprok, sekering & konektor ke aki cek semua konektornya pastikan masi bagus, kl masi bagus kemungkinan kiproknya rusak

  27. om adi mau tanya”penyebab kerusakan pada chip rc valve n pngen tau gambr jeroanya taw wrring digramx//? tnankz!

    • Penyebab RC Valve chip rusak :
      1. Servo lemah/rusak
      2. Over voltage karena aki soak/kiprok rusak/kabel warna hitam di kiprok gak terkoneksi/sekering putus/motor di las listrik tanpa melepas soket rc valve & aki
      3. Kabel RC Valve seret / udh putus lalu diakali namun kependekan/kepanjangan sehingga putaran servo berat
      4. Kapak RC Valve tertimbun kerak sehingga kerja servo terhambat
      5. Yang sering kejadian salah instalasi posisi kabel (kawat) Servo dari kapak di blok

  28. oh z motorx nsr r om

  29. mas adi, saya punya NSR R 1996 pengapian AC, beberapa waktu lalu mati aki, msh saya pake buat ke kmps selama sebulan tapi tiap jumat doang, sama paling ke warung beli rokok, saya takut kiprok,CDI,servo kena, nah harga kiprok asli bawaan NSR brapaan sih mas? klo ganti pnya tiger gpp? tiger tahun brapa? skrg sih saya udah ganti motobatt akinya

    dan mau tanya, kotak hitam di bagian belakang setahu saya kan CDI nah ini ada 2 kotak hitamnya, yg satu lg berfungsi buat apa ya mas?

    • pake Tiger bisa juga kok asal yg ori yah jangan yg kw biar stabil tegangannya. tiger lama mas

      kotak hitam yg dbawah jok percis itu CDI, yg di sebelah kanan nya rc valve, sementara kiproknya terindikasi rusak sebaiknya soket rc valve di cabut aja takut rusak

  30. wah makasi banyak mas adi atas jawabannya, tiger lama itu tiger 2000 bukan ya mas? atau msh ada dibawah tiger 2000?

    lalu indikasi kiprok caur eh rusak atau melemah cara lihat/mengetahui/tanda”nya gmana sih mas? apa kontrol aki mas, liat kalo itu aki keisi balik brarti kiprok msh oke, klo ngga keisi brarti kiprok udah caur? saya takut mas part RC valve mau servo atau chipnya rusak huhuhu

    kalo digas semua listrik nyala terang beneran gapapa mas?

    • iya tiger 2000, cara cek kiprok bagus apa enggak paling ideal pake multitester, bawa aja mtrnya ke tukang service radio ato ke shpo N drive, minta dia ukur voltase yg masuk ke aki saat mtr langsam dan di geber, range voltase harus berada di 13-14 Volt, diluar itu masalah kiproknya, tapi sebelum diukur, pastiin koilnya std yah, krn ada beberapa mtr yg saya test pake koil racing ngeganggu pembacaan di multitester saya, gak tau multi tester saya yang jelek ato gimana hehe

  31. misi om mohon bantuanya.sya bru dpt nsr R 97 ,kunci kontak on lampu netral nyala tp lampu depan sdkit redup.nah pas di pake jalan qra qra 10 menitan lampu depan sma lampu netral smakin redup trus mati.
    tp bgtu keadan mati seharian kontak di on lgi lampu idup lagi om.trs klo d pake kyk bgtu lagi deh om.
    aki sudah sya ganti om.
    qra qra apanya ya om..
    keadan tombol lampu on off udh g fungsi om,lmpu idup trus sma kunci kontak agak susah buat d on..
    mohon infonya om pleasee

    • oh kiproknya mati mas, ato bisa juga kabel kearah kiprok putus, ato bisa juga kabel dari spull pengisian aki putus ato spull nya yg rusak, tapi paling sering kiprok rusak ato kabel kearah kiprok ada yg lepas

      • ooo mas adi itu indikasi kiprok mati ya, nsr temen saya jg thn ’97 mati tiap diengkol pas mogok, nas pas besokannya di kontak nyala semua tp redup, skali engkol ada kompresinya, abis itu engkolan ke 2-3 ngga ada sama skali, dan semua indikator dan lampu mati

      • kiprok ga ada hub nya sama kompresi mas, dari ceritaannya jelas akinya gak dapat pengisian, nah pengisian datangnya dari mana? dari point2 yg saya sebutkan tadi mas, bisa kiproknya, bisa cuma kabelnya thok

      • oooh gitu mas adi, maksud saya pas diengkol ngga ada feedback ke kaki ehehe biasanya kaki mental balik tuh kadang kena footstep sampe kulit coak atau kena tulang kering bengkak ungu 1minggu hahaha, nah itu nsr temen saya ngelos aja udah kebawah

      • Ooh mending diukur kompresinya pake compression tester mas, pastikan tekanannya minimal 100psi, kl d bawah itu mending bongkar bloknya takutnya baret, kl ga pny alatnya bawa ke bengkel saya, skg saya buka tiap hari hehe

  32. ahahah okee nanti saya coba ke tukang aki atau shop n drive, makasi banyak nih mas adi atas konsultasinya… sukses terus bengkelnya yg di cibubur!!

    salam RC valve

    • trims mas Bro..

      • mas nsr saya tiba22 rcnya ga nguik ,,sebelomnya nguik kira2 apanya ya ?

      • bisa tiba2 kebakar, bisa akinya soak, bisa sekering putus ato cm kabel kearang rc valve ketarik

  33. pagi mas adi, punya cover kunci jok nsr R? new ori/second ori?

    • Kosoong

  34. siang mas adi, laher roda depan/belakang NSR 150R sama kayak motor apa? kodenya (6301-RS1)/(6203-RS1/MT) bener ngga?

    • Wah gak hafal hehe yg depan sih sama tiger sama blkg lupa hrs buka dl

      • yang depan udah buka soalnya speleng muternya, kyk gempa pas jalan hahaha kode laher(bearing) rodanya 6301 mas adi, trus carinya yg RS(rubber seal) biar tahan air bola” kecil didalemnya (sekilas info buat sharing ajah hehe)

        nah cara setting RC valve NSR R yang Baik dan Benar gmana tuh mas adi?

  35. jadi kemarin abis bongkar blok head, soalnya ada baut patah di mulut lubang buang, jadinya knalpot ngga bisa nempel, suaranya ganas jadinya orang” pada ngeliatin hahaha paling menderita lampu merah, asep yg biasanya ke mata orang yg di belakang, ini ke mata ridernya sendiri hahaha..nah karna bongkar blok head buat copot baut patah di tukang bubut kan kapak RC di copot jg tuh, nah posisi drat kiri itu yg bener kyk gimana mas adi?

    posisi kawat kirinya apa dia longgar atau narik ketat keatas?

    atau yang paling kyk nyeting olisamping, drat kirinya kapak RC valve banyakin keluar atau kedalem? atau taruh pas di tengah”?

    • motornya NSR R kan? gini aja :
      nyalain motornya, biar dia langsam, kl udh langsam matin kontak, terus stel cakram rc valvenya di posisi H (High) udh gitu aja simple kl NSR R


Tinggalkan Balasan

Kategori

